Rabu, 18 Januari 2017

Metamorfosis Instagram (@ndien_bgt)

#FirstGiveAway Kisah Foto Instagramku

Seyogyanya semua orang mempunyai hobi kan? Tapi dulu kalo ditanya apa hobi saya, saya selalu kebingungan. Nah baru lah 2 tahun terakhir ini saya menyadari hobi saya sebenarnya adalah Photography (well telat bgt ya...). 

Penemuan hobi saya ini berawal dari applikasi instagram di android, mula nya saya mengunduh aplikasi tersebut di smartphone saya hanya untuk menikmati foto-foto cantik milik para selebgram yang saya ikuti. Lalu mulai lah saya pun mencoba upload ke instagram saya @ndien_bgt beberapa foto makanan dan objek menarik yang pada saat itu saya ambil dengan menggunakan samsung tab 2 milik saya. Hasil nya benar-benar seadanya seperti berikut :

 
Spaghetty Carbonara, Agustus 2013.


Selain memang resolusi kamera Tab 2 yang belum mumpuni, waktu itu saya juga belum ngerti konsep pencahayaan, seting properti, alas foto dan lain lain jadilah hasil foto nya seperti itu. Alhamdulillah terus ada rezeki waktu itu saya ganti HP dengan samsung ACE 2, mulai foto-foto lagi dan hasil nya agak meningkat sedikiiiiiiit, tetapi tidak terlalu signifikan. Tetap belum bisa menghasilkan foto yang kekinian. Lalu lagi-lagi ada rezeki nya waktu itu akhir nya saya bisa beli HP yang rada bagusan lagi yaitu Samsung S3, kamera nya samsung s3 ini lumayan banget, resolusi nya 8MP 1080p. Walaupun sudah ditunjang kamera smartphone yang bagus tapi memang untuk menghasilkan gambar yang keren di instagram tetap diperlukan skill photography. Hasil jepretan pertama saya dengan kamera hp samsung s3 pun masih biasa saja, sampai suatu hari di instagram saya menemukan sebuah akun bernama @uploadkompakan. Akun tersebut didirikan oleh 4 sekawan asal Medan, Bandung, Samarinda dan Palembang yang menyebut dirinya #ukteam. Akun tersebut adalah komunitas photography yang setiap hari nya menayangkan tema foto dengan tagar tertentu yang dapat diikuti oleh para pengikutnya, tema nya beragam mulai dari masakan, pemandangan, hingga ke tehnik-teknik photography. Dari situlah saya mulai memahami sedikit demi sedikit tehnik menghasilkan foto cantik di instagram. 

Ternyata perjuangan yang dibutuhkan untuk 1 foto yang cantik cukup panjang juga loh. Yang tadi nya saya asal jepret lalu upload, sekarang kalau mau foto harus memperhatikan cahaya, sudut pengambilan gambar, properti dan alas foto nya. Cahaya yang paling baik untuk sesi foto adalah cahaya matahari pagi sampai sore, sedangkan untuk properti dan alas foto saya sampai hunting kemana-mana loh, saya jadi sering beli bunga artifisial serta pernak pernik lain nya. Dan terakhir sebelum diupload biasa nya saya poles sedikit dengan editing di aplikasi vsco atau snapseed untuk menambahkan kecerahan dan ketajaman pada foto.


Foto #uploadkompakan tema MADU. Maret 2015.
Sekali menghasilkan foto yang cantik, Saya jadi ketagihan untuk terus foto-foto lagi. Hampir tiap hari ada saja objek yang saya foto dan upload ke instagram. Apalagi pujian dari teman-teman dan like mulai terus membanjiri akun instagram saya. Saya pun mulai memperdalam hobi photography saya dengan mencoba-coba menangkap gambar dengan kamera mirrorless, seperti berikut ini :




Kalau dilihat instagram saya dari awal hingga sekarang jauh sekali ya perbedaan nya, seperti metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu. Dan kupu-kupu harus terus belajar agar dapat terbang dengan lincah, begitu pula dengan ilmu photography saya yang harus terus diasah dan diperdalam agar menghasilkan foto yang lebih cantik.

Saat ini di instagram saya sudah mengupload 939 foto, dengan followers 873 dan following 577. Satu hal lagi yang sangat berkesan bagi saya adalah melalui instagram saya jadi menemukan banyak teman baru yang memiliki passion yang sama dengan saya dibidang photography. Seringkali kami melaksanakan kopidarat dan berbagi ilmu serta tips soal photography ini. Masya Allah berkah nya tambah ilmu dan tambah teman dari Instagram.



Tulisan ini diikutkan dalam Hani Widiatmoko First Giveaway Kisah Foto Instagramku.

4 komentar:

Dian Mariesta mengatakan...

Semangaaaat Bundien! Yang penting harus tetap mau belajar ya.. :*

hani mengatakan...

Foto-foto IG nya bagus-bagus. Saya suka. Makasih ya ikut ga saya...

ndien_bgt mengatakan...

Siap bubun.. makasih buat motivasi2 nya..😙😙😙

ndien_bgt mengatakan...

Sama2 mbak. Makasih juga sdh mampir ke ig saya. Salam kenal 😊